CREAM TEMULAWAK KAMI PALSU? CALON KONSUMEN WAJIB BACA SEBELUM ORDER

Sebelumnya tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menyerang secara pribadi atau apapun melainkan kami merasa perlunya perlindungan terhadap tuduhan-tuduhan yang dapat merugikan kelangsungan bisnis kami. Biasanya sih kami tidak terlalu serius menangani hal-hal semacam ini dan diragukan tentang keaslian cream temulawak pun bukan pertama kali kami alami kok. Kami sudah cukup sibuk dengan perkembangan toko kami. Tapiii…. karena kasus ini agak “special” maka kami putuskan untuk dibuat sebagai tulisan yang spesial juga. Dengan adanya tulisan ini, maka semoga kejadian yang serupa tidak berulang.

CREAM TEMULAWAK KAMI PALSU - TITIP IMPOR DARI MALAYSIATulisan ini diawali dengan pengalaman dianggap penipu oleh seorang konsumen yang membeli cream temulawak di tempat kami, yang mengatakan barang yang kami jual adalah palsu. Kami sudah melakukan penjelasan dengan baik disertai dengan gambar-gambar dan testimonial asli dari para customer yang sudah dikumpulkan selama setahun lebih berjualan., namun hasilnya sia-sia. Konsumen ini tetap bersikeras pada pendiriannya mengatakan kami menjual cream temulawak palsu.

Dasar pendapatnya adalah ia pernah melakukan impor cream temulawak sendiri langsung dari Malaysia. Sayangnya, ketika kami mengajaknya untuk berdiskusi dengan baik, dengan menunjukan referensi-referensi yang mungkin ia punya, konsumen ini malah melakukan delete contact dan mengeluarkan kata-kata yang tidak enak seperti penipu, menantang bertemu, akan mengembalikan uang dengan cara melempar uang ke muka, dan semacamnya.

CREAM TEMULAWAK KAMU PALSU YA SIST….!!!

AKU PERNAH BELI DARI MALAYSIA DAN CREAM TEMULAWAK KAMU BERBEDA!

Untuk informasi, konsumen ini mengimpor sendiri cream temulawaknya dari Malaysia di tahun 2008. Kami langsung ingat kisah BBM-an dengan warga Indonesia yang pernah tinggal di Malaysia dan itu sudah pernah kami bahas di artikel ini: http://www.creamtemulawak.net/penting-cream-temulawak-berbahaya-atau-tidak/. Berikut adalah screenshotnya tanpa kami pernah edit sama sekali sejak artikel tersebut dibuat.

CREAM TEMULAWAK BERBEDA

Di artikel tersebut juga sudah kami sebutkan bahwa kemasan cream temulawak yang beredar di negara asalnya dengan yang dijual di Indonesia pasti terdapat perbedaan karena importir/distributor juga sengaja membuat penyesuaian-penyesuaian sendiri. Jika dibandingkan dengan produk asli yang terdapat di negara asalnya tentu saja pasti berbeda namun tetap tidak dapat dijadikan patokan asli palsu untuk produk yang dijual di negara lain. Salah satu perbedaan mencolok adalah katanya sih cream temulawak di Malaysia dipisah kemasannya antara cream siang dan malam, sedangkan di Indonesia dari dulu kemasannya menyatu dalam satu kardus kecil. Hal ini harusnya tidak perlu diperdebatkan terlalu lama, dari bahasa di kemasan juga sudah bahasa Indonesia kok. Semua cream temulawak yang asli maupun palsu di Indonesia juga begitu, dan tidak ada yang masih dalam bahasa melayu.

AKU MENEMUKAN BARANG  SAMA DENGAN HARGA LEBIH MURAH DI TOKO XXX…!!!

Apakah yakin barangnya sama? Jika sama pun, maka tidak boleh menyerang tentang masalah harga karena harga jual adalah hak pribadi masing-masing toko. Kalaupun ada toko lain yang menjual Cream Temulawak dengan harga Rp.500.000,00 per pcs pun kami tidak akan protes dan konsumen juga sebaliknya, mereka tinggal mencari toko lain yang lebih murah. Ada etika di dunia perdagangan bahwa pembeli tidak boleh price police alias membanding-bandingkan harga.

Itu kasus kalau barangnya sama 100% loh ya, tapi kenyataanya cream temulawak yang beredar di Indonesia itu memang banyak sekali dipalsukan dan kemasannya hampir mirip. Sekarang, hologram emas besar bintang bukan patokan pasti keaslian produk karena kami juga menemukan yang palsu namun hologramnya ya emas besar bintang juga (dan kami juga punya barangnya untuk keperluan riset).

Sekarang mari lihat gambar berikut deh, keempat  variasi cream temulawak ini semua ada di tempat kami dan emang sengaja kami kumpulkan dari berbagai tempat untuk riset tentang keaslian. Dari 4 gambar di bawah pun tidak ada yang sama, dan bahayanya memang hanya 1 jenis cream temulawak asli yang beredar di pasaran. Jangan ragukan kami tentang keaslian karena kami sudah riset mendalam ya.

MANA CREAM TEMULAWAK ASLI

CREAM SIANG KAMU KAYA MENTEGA, LEMBEK BANGET TEKSTURNYA

Cream siang kami punya tekstur padat, hanya saja ketika proses pengiriman lewat kurir bisa kepanasan. Ketika cream kepanasan, maka pada beberapa kasus kami memang menerima laporan konsumen kenapa agak leleh. Kita juga pernah menerima laporan tentang cream siang yang kok tidak ada tulisan TEMULAWAK ORIGINAL-nya (yang merupakan salah satu ciri-ciri keaslian, walaupun bukan patokan lagi). Nah, dua masalah tadi disebabkan karena kepanasan. Tapi tentu saja walaupun berubah, barangnya tetap sama donk? Tetap asli…

CREAM TEMULAWAK KAMI PALSU - TONER SEGEL PAKE LAKBANTONER TEMULAWAK KAMU PALSU, MASA DISEGEL PAKAI LAKBAN

Ada inisiatif-inisiatif yang kami lakukan sendiri supaya konsumen mendapat pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Memang segel toner temulawak kami lakban tapi itu karena segel holo bintangnya tidak terlalu rekat dan mudah terlepas. Bukankah justru konsumen harus berterimakasih atas inisiatif ini?

YANG KAMU JUAL TETAP CREAM DAN TONER TEMULAWAK PALSU *NGOTOT*

Tidak ada lagi diskusi yang harus dilanjutkan ketika emosi sudah bermain karena sebaik apapun kami menjelaskan maka pasti tidak akan diterima. Hanya jika bisa berdiskusi secara dewasa, kami akan menanggapi dengan respect. Kasarnya jika yang kami jual benar-benar palsu pun, harus disampaikan dengan baik dan bukan langsung dengan tuduhan karena pemahaman kami tentang keaslian memang berdasarkan ciri-ciri tertentu.

Pada kasus yang kami hadapi, kami malah sudah meminta konsumen menunjukan referensi-referensi tertentu tentang cream temulawak yang asli itu bagaimana dan bukan hanya kata-kata, tetapi hal ini diabaikan. Kami juga agak menantang untuk menunjukan tempat membeli cream temulawak asli di Indonesia berdasarkan pandangan si konsumen (bukan impor langsung dari Malaysia karena jelas berbeda karena penyesuaian-penyesuaian), namun juga tidak dapat dipenuhi. Maka kesimpulannya?

PELAJARAN PENTING DARI KASUS INI (CALON KONSUMEN WAJIB BACA YA)

  1. Rezeki itu tidak akan tertukar. Jika ingin order di tempat lain silahkan, itu berarti bukan rezeki kami. Kami hanya menghimbau dan menginformasikan bahwa di luar sana banyak cream temulawak palsu. Nah, jika order di toko online kami, tentu saja kami bersyukur. Namun, harap dicatat ya bahwa konsumen melakukan order berarti dianggap sudah membaca semua informasi yang terdapat di website. Jika ada yang tidak setuju dengan informasi yang ada di website, maka sebaiknya jangan order dulu karena bisa menimbulkan masalah seperti yang terjadi di tulisan ini. Kami sudah menyajikan informasi yang berdasarkan pengetahuan dan riset yang kami lakukan, ditambah juga dengan sharing dengan konsumen dan testi-testi yang mereka berikan. Kami menjual cream temulawak asli, namun semua penjual juga bilang pasti asli. Jangan percaya kami ya! Percaya saja pada konsumen-konsumen kami yang sudah menceritakan pengalamannya. Add BB untuk melihat testimonial tersebut ada banyak nih sist: 2B0F6F90
  2. Jika punya kritik dan komplain, sampaikan dengan kata-kata sopan dan tidak judging dari awal. Anda respek, maka kami juga respek.

TERIMA KASIH